Sabtu, Desember 29

Menyusuri Pantai Indah di Jogja #1


          Hallo masbroo mbakbroo yang makin yahuuud aje. Basa anak gahol. Hahaha. Kali ini saya akan menyusuri pantai indah yang berada di kota Yogyakarta. Bukan hanya satu tapi sejagad. Mungkin waktu satu hari saja tidak cukup untuk menikmati pantainya 'wong jogja'. Kalau ada kesempatan untuk masbroo dan mbakbroo mari berbondong-bondong untuk berkunjung ke jogja atau masyarakat jogja yang belum sempat menikmati keindahan pantai-pantai di jogja. Monggo-monggo. 

  • Pantai Baron

Pantai Baron sebenarnya merupakan sebuah teluk yang dikelilingi bukit-bukit karst. Di teluk ini terdapat pertemuan antara air laut dan air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah, yang membentuk sebuah teluk. Disinilah para pengunjung melakukan aktivitasnya, seperti berenang atau sekedar bermain air, memancing, juga tubbing. Anda bisa menaiki bukit karang dan menikmati keindahan pantai Baron dari atas karang. Untuk dokumentasi bersama teman ataupun pasangan, inilah spot yg paling menarik di pantai baron.

  • Pantai Krakal, Paduan Pasir putih, Batu Karang, dan Ombak yang Mengagumkan
Pantai ini memberikan sajian panorama pantai yang indah dan pemandangan yang luar biasa. Pantai Krakal tergolong sebagai pantai yang landai. Pasir putihnya yang bersih juga menjadi daya tarik pantai ini. Belum lagi batu-batu karang yang eksotis, membuat pemandangan cantik Pantai Krakal makin lengkap.
  • Pantai Kukup, Pantai Dengan Keanekaragaman Biota Laut Dan Ikan Hiasnya
Pantai Kukup terletak sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Pantai kukup ini kaya akan biota laut dan keanekaragaman ikan hias air laut.
  • Pantai Indrayanti, Panti Elok dengan Cottage, Restoran Cafe & Musik Jazz
Pantai Indrayanti berada di sebelah timur Pantai Sundak. Terdapat restoran yang berupa Gazebo yang menyediakan berbagai paket masakan laut untuk para pengunjung.Pantai Indrayanti juga memiliki fasilitas berupa penginapan dan jetski yang dapat digunakan untuk pengunjung.
  • Pantai Drini
Pantai Drini berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul yang berjarak sekitar 40 km dari Yogyakarta. Saat Pantai Drini surut Anda bisa menyeberang ke pulau karang tersebut dan mendaki pulau karang itu sampai puncak. Sesampainya di puncak pulau karang, Anda akan disuguhi suara debur ombak yang syahdu, semilir angin yang lembut, dan keindahan bukit-bukit di sekitar yang menjulang tinggi. Di saat surut juga, Anda bisa melihat hamparan karang yang lembut dan dihuni oleh berbagai biota laut. Dokumentasikan keindahan di sela-sela karang tersebut, begitu menawan dan harmonis.
  • Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta tepatnya kurang lebih dua kilometer dari Pantai Ngrenehan. Kalau air di Pantai Ngobaran surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan. Hal yang menarik lainnya adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan. Salah satunya adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Ada juga sebuah Joglo untuk pengikut kejawen. Penasaran? Buktikanlah sendiri!! 
  • Pantai Ngungap, Sarang Burung Walet
Pantai Ngungap terletak sebelah barat Pantai Ngrenehan lebih kurang 1 km. Di pantai ini terdapat pula gardu pandang yang dibangun di atas bukit. Disamping pendopo terdapat sebuah pohon besar yang dikelilingi pagar tembok, dan sepertinya pohon yang dikeramatkan. Dari sini wisatawan bisa memandang indahnya laut lepas, sembari menikmati semilirnya angin laut. Pantai Ngungap ini hanya sebuah tebing diatas pantai. Di pantai ini juga merupakan tempat warga mencari sarang burung walet yang letaknya berada dibawah pendopo tadi.

dari berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar